Kamis, 04 Oktober 2018

[Book Review] seperti malam-malam februari




SEPERTI malam-malam februari merupakan buku kumpulan puisi karya Agus Manaji. Yakni seorang penyair yang Sarjana Fisika lulusan UGM. Eladalaaah. Yang Sarjana Sastra UGM mana niiih, buku kumpulan puisinya? Haha!  #tepok jidat sendiri  

Meskipun suntuk belajar ilmu eksakta, Agus Manaji pun terhitung rajin berkarya. Puisi-puisinya telah dimuat berbagai majalah dan koran. Antara lain di Horison, Kuntum, Annida, Sabili, Kedaulatan Rakyat, dan Suara Merdeka

Selain itu, telah banyak pula puisinya yang terangkum dalam berbagai antologi. Di antaranya dalam antologi Lirik Lereng Merapi (Dewan Kesenian Sleman & Aksara Indonesia, 2001) dan Antologi Apresiasi Sastra Indonesia Modern (Penyunting Korrie Layun Rampan, Penerbit Narasi, 2013). 

Menilik sekian banyak jejak berpuisinya, seorang Agus Manaji tentu tak perlu diragukan lagi kadar kepenyairannya. Buku kumpulan puisinya ini bahkan (boleh dibilang) merangkum masa 20 tahun kepenyairannya. Iya. Puisi-puisi yang terangkum dalam buku ini ditulisnya dalam kurun waktu 1997-2017. 

Lalu, apa tema utama puisi-puisi tersebut? Sejauh penangkapanku yang mungkin tak jauh-jauh amat, puisi-puisi Agus Manaji banyak mengemukakan perkara cinta. Baik cinta dengan "c" kecil maupun "C" besar. Baik cinta kepada sang kekasih hati, teman, sahabat, maupun Tuhan Yang Maha Cinta. 

Lalu, bagaimana cara atau gaya berpuisinya? Sejauh penangkapanku, seluruh puisi yang terhidang di buku ini bernada kalem. Sama sekali tidak meledak-ledak meskipun menyampaikan hasrat yang membuncah. 

Aku membayangkan. Jikalau puisi-puisi tersebut dipentaskan (dideklamasikan), pendeklamasiannya tentu dengan intonasi yang tenang dan terjaga. Sesekali berteriak pun tak perlu. Pokoknya kaleeem saja. Serupa orang yang merapalkan doa-doa. 

Sudah, ah. Demikian itulah hasil pemahamanku terhadap seperti malam-malam februari. Semoga berfaedah untuk kalian. 

SPESIFIKASI BUKU 
Judul Buku : seperti malam-malam februari  
Penyair         : Agus  Manaji
Penerbit        : Interlude 
Tahun Terbit: Februari 2018 
Ukuran Buku : 14 x 21 cm 
Tebal Buku    : xii + 128 halaman



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah sudi meninggalkan jejak komentar di sini.