Kamis, 11 Oktober 2018

4 Siasat untuk Membaca Buku

APAKAH kamu sedang (merasa) kekurangan waktu untuk membaca buku? Ingin banget rutin membaca buku,  tapi selalu (merasa) tak ada kesempatan untuk itu? Padahal, ada setumpuk buku baru di kamarmu. Yang masih tersegel rapi, yang antre untuk kaubaca. Tentu setelah sekian lama kamu adopsi dari toko buku. 

Kalau Iya, berarti kamu mesti meniru caraku dalam bersiasat untuk membaca buku. Kalian mesti tahu nih, ya. Suatu ketika dalam satu periode hidupku, aku pernah (merasa) dipisahkan dari buku. Iya. Dipisahkan. Dipaksa pisahan oleh keadaan. Padahal inginku, kami selalu intim selamanya. Eeaaaa .... 

Alhasil sebagai akibatnya, aku cenderung gelagepan dalam meniti hari-hari. Betapa tidak? Buku itu ibarat napas dan garam bagiku. Jadi tanpa membaca buku, hidupku terasa demikian hampa dan hambar. #alay 

Terlebih hobi dan pekerjaanku sesungguhnya menuntutku untuk selalu rakus membaca buku. Maka tak ayal lagi, kehampaan dan kehambaran hidupku kian menjadi. Sudahlah. Pokoknya terasa banget kalau ada yang hilang dari hidupku. #ini serius meskipun agak alay 

Syukurlah pada akhirnya Dia Yang Maha Menginspirasi memberikan sebuah inspirasi ciamik kepadaku. Yakni inspirasi untuk kembali ke khittah (((KHITTAH))) hidupku yang sebenarnya, hidup yang rutin membaca buku! Dalam situasi dan kondisi apa pun. Baik saat hujan menderai maupun saat terik sang surya menghanguskan hati. 

Lalu, aku berpikir keras mengenai caranya. Langkah-langkahnya. Yang bisa secara nyata kupraktikkan. Yang ujung-ujungnya bisa membuatku konsisten membaca buku tiap hari. Alhamdulillah akhirnya kutemukan dirimu, eh, langkah-langkahnya. Dan, aku menyebutnya "4 Siasat untuk Membaca Buku". 

Mudah dan sederhana kok, siasatku itu. Mudah pula untuk dipraktikkan. Hanya saja, mempraktikkannya secara konsisten mungkin tak terlalu mudah. Hehehe .... Sudah, ah. Mari simak baik-baik 4 siasatku berikut.

(1) Buku yang hendak dibaca sudah tersedia. Keinginan untuk membaca buku bisa menguap lho, jika pas mau membaca ternyata bukunya tak ada. Maka bawalah buku ke mana pun kamu pergi.

(2)  Selalu perkuat niat untuk sempat membaca buku. Tak lain dan tak bukan, langkah ini dapat merawat kekonsistenan kita untuk membaca buku tiap Hari. 

(3) Dalam kurun waktu sehari yang 24 jam itu, jadwalkan satu waktu khusus untuk membaca buku. Cukup 30 menit. Kalau bisa 60 menit jauh lebih bagus. Tapi yang terpenting, patuhi penjadwalan itu yaaa. 

(4) Bila betul-betul tak bisa mengalokasikan waktu khusus untuk membaca buku, manfaatkan sekecil apa pun waktu luang yang kaupunya. Misalnya sedang punya waktu luang 10 menit, apa salahnya dipakai untuk melanjutkan baca buku. Lumayan bisa menikmati dua atau tiga lembar. Iya 'kan? 

Demikian 4 siasat yang telah kupraktikkan. Alhamdulillah sejauh ini mampu bikin aku konsisten membaca buku tiap hari. Silakan tiru bila merasa cocok. Hehehe .... 



10 komentar:

  1. waduh saya masih ada stok buku yang belum di baca nih, tapi mood untuk membaca udah nguap dari beberapa hari yang lalu, sekarang lagi seneng-senengnya main game jadul hehehe. Saya coba deh praktekin siasatnya mba semoga saja saya bisa rutin baca buku lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.... Ayuklah praktikkan. Langsung aja mulai baca. Salam literasi

      Hapus
  2. Kalo saya lagi rutin nih pinjam buku di Perpusda, kalo lagi jenuh baru berhenti beberapa saat, dan dilanjut lagi begitu seterusnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bagus itu. Aku juga sedang rajin ke perpustakaan. Cari tempat nongkrong yg gratis dan nyaman. Hehehe...

      Hapus
  3. Dulu, paling hobi bgt yang namanya baca buku-buku novel tebal2 atau buku apapun, tp seiring dgn kesibukan yg bertambah makin kesini saya jd jarang baca buku2... pengennya sih malah nulis buku... hehe... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naah lho, klo pinginnya nulis buku justru wajib memperbanyak bacaan. Ayo segera rutin membaca lagi, Kakaaak...

      Hapus
  4. Aku dulunya males banget baca, tp skrg, semakin sering nulis, semakin seneng baca hahha

    BalasHapus
  5. Meluangkan waktu 10-15 menit adalah cara yang saya pelajari semasa aktif di bisnis MLM untuk tertib membaca buku. Sepertinya perlu diulang lagi nih kebiasaan bacanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak, 10-15 menit itu pula yang dilakukan anak2 sekolah untuk berliterasi (baca buku) tiap pagi sebelum pelajaran dimulai.

      Hapus

Terima kasih telah sudi meninggalkan jejak komentar di sini.