Kamis, 13 April 2017

[Book Review] IMPIAN DARI YOGYAKARTA

Buku lama nan berharga

BUKU kumpulan esai masalah pendidikan ini memang buku lama. Bahkan, boleh dibilang lama sekali. Tahun terbitnya 2003. Yakni 4 tahun setelah sang penulis, Y.B. Mangunwijaya, meninggal dunia. 

Sementara itu, esai-esai yang terdapat di dalamnya pernah dimuat Kompas (1974-1999). Namun, jangan salah sangka. Banyak hal di dalamnya yang masih up to date hingga kini. Masih relevan untuk diperbincangkan. Maka Anda tak bakalan rugi waktu, jika membaca buku lama ini.

Alih-alih rugi waktu. Anda justru akan tercerahkan. Tersadarkan bahwa kondisi pendidikan di Indonesia belum juga membaik. Bikin miris sebetulnya. Sedari dulu hingga kini, sudah beberapa kali ganti Mendikbud, mengapa masih ada masalah-masalah yang tak kunjung teratasi?

Yang paling menarik untuk digarisbawahi tentu persoalan mengenai pendidikan dasar. Mengenai sistem pendidikan yang tepat untuk anak-anak SD. Atau, untuk mereka yang berada di jenjang belajar setingkat SD.


O la la!  Ternyata Romo Mangun (sapaan akrab Y.B. Mangunwijaya) telah sangat lama merasakan kekuranganberesan itu. Sejak dulu, ketika diriku masih menjadi mahasiswa unyu. Yang sedihnya hingga kini, hingga anakku lulus SD, belum kunjung beres juga. 

Apa boleh buat? Sekian banyak tahun telah berlalu, tapi satu persoalan belum juga berlalu. Ternyata, oh, rupanya. Kita--bangsa Indonesia ini--punya PR besar pendidikan yang belum sanggup kita selesaikan.

Duh, duh. Pantesan ya, orang-orang masa kini banyak yang bermasalah dengan kehidupannya. Lha wong proses pendidikan mereka belum tuntas. Belum terformat dengan benar. Hehe ....

Demikian sekelumit ulasan terhadap buku Impian dari Yogyakarta. Yakni sebuah buku yang amat kaya dengan ide-ide seputar pendidikan. Terkhusus pendidikan dasar di Indonesia.

Yup! Buku ini memang buku lama. Yang tentunya berisi gagasan-gagasan lama. Tapi tak usah khawatir, gaung inspirasinya tidak lekang dimakan waktu. Percayalah. 

Di mana kita bisa mendapatkan buku ini? Kalau saya sih, meminjamnya di Grahatama Pustaka Yogyakarta yang beralamat di Jl. Janti Banguntapan Bantul (sebelah timur JEC). Namun bila ingin memilikinya, Anda bisa memesannya di salah satu lapak buku online.

SPESIFIKASI BUKU
Judul             : Impian dari Yogyakarta
Penulis          : Yusuf Bilyarta (Y.B.) Mangunwijaya                  
Penerbit        : Kompas
Tahun Terbit : 2003
Halaman       : XX




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah sudi meninggalkan jejak komentar di sini.