Kamis, 09 Mei 2019

[Book Review] Ayo, Berlatih Silat!

CHILDREN'S Book/Picture Book adalah label yang tersemat pada buku ini. Jadi sudah jelas, peruntukannya bagi anak-anak. Tepatnya untuk anak-anak yang berusia 4 tahun ke atas. Demikian penjelasan yang tercantum di sebelah label Children's Book/Picture Book tadi. 

Namun menurutku, buku ini tak hanya menarik bagi anak-anak. Kalangan ABG, remaja, dewasa muda, dewasa tua, maupun siapa saja punya potensi besar untuk tertarik juga. Sebab kenyataannya, buku tipis ini memang menarik. Apalagi bagi mereka yang berminat pada silat.




Tanpa banyak kalimat, gambar-gambar pada tiap halaman buku sudah mampu mengajak pembaca untuk berinteraksi dan bergerak. Bergerak? Iya, bergerak untuk menirukan ragam gerakan silat yang sedang ditampilkan gambar. Contohnya saja gambar-gambar di halaman berikut ini. 




Namun, orang tua perlu mendampingi anak balitanya saat menyimak buku ini. Terkhusus bila si balita antusias pada halaman di atas. Mengapa? Sebab ada kemungkinan, si balita serta-merta menirukan adegan jatuh secara brutal. Daripada kenapa-kenapa, minimal keseleo, bukankah lebih baik didampingi?

Sekali lagi, buku ini memang bicara banyak tanpa banyak kalimat. Multifungsi pula. Yakni bisa diperlakukan sebagai cergam biasa sekaligus dimanfaatkan sebagai buku panduan untuk berlatih silat. Tentu berlatihnya dalam tahap awal, ya. Misalnya seperti yang tampak pada halaman berikut.






Pendek kata, Ayo Berlatih Silat! merupakan buku anak-anak yang kaya makna. Darinya kita bisa paham mengenai silat. Terkhusus Silat Minang. Bukan saja paham gerak-geraknya, melainkan lebih daripada itu, kita bisa paham mengenai intisari dan makna dari gerakan-gerakan yang terdapat dalam seni bela diri silat.

Hmm. Rasanya aku sungguh terpikat pada buku ini. Sederhana, tapi penuh makna. Apalagi tak ada salah ketiknya. Salut.


SPESIFIKASI BUKU

Judul Buku:     Ayo, Berlatih Silat!
Penulis:           Ahmad Fuadi
Ilustrator:        Ella Elviana
Tahun Terbit:   2018
Penerbit:          Bhuana Ilmu Populer (BIP)
Tebal:              24 hlmn
Ukuran Buku: 21 x 29 cm
ISBN:             78-602-483-165-3






4 komentar:

  1. Belajar silat dari buku ini sepertinya busa nih,..karena ada gambar dan contoh gerakannya 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, bisaaa. Namun kukira, sebatas gerakan-gerakan dasar aja ya...

      Hapus
  2. Saya SMA pernah ikut silat yang logonya tapak dengan matahari. Sebenarnya saya suka, cuman karena kuliah di kota lain jadinya terhenti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, sayang sekali mesti berhenti. Kok enggak dilanjutin di kota tempat berkuliah?

      Hapus

Terima kasih telah sudi meninggalkan jejak komentar di sini.