Kamis, 07 Maret 2019

[Book Review] 35 Buku Paling Inspiratif Pilihan Sam Edy



JUDUL buku yang kuresensi kali ini adalah 35 Buku Paling Inspiratif Pilihan Sam Edy. Sesuai dengan judulnya, buku ini memang memuat ke-35 buku pilihan Sam Edy (lengkapnya Sam Edy Yuswanto). Tepatnya yang dipilih dan kemudian diresensinya.

Dan sesungguhnya, benar-benar hanya berisi 35 resensi atas 35 buku terpilih. Yakni resensi-resensi yang telah terpublikasi di berbagai media massa. Baik cetak maupun online. Dengan demikian, buku ini bisa disebut sebagai monumen peringatan atas kerja resensi yang telah dilakukan Sam Edy. 

Beruntunglah Sam Edy yang berkesempatan untuk membukukan resensi-resensinya. Mengapa beruntung? Sebab itu merupakan sebuah kesempatan langka. 

Iya. Menerbitkan kumpulan cerpen, kumpulan artikel, dan kumpulan puisi adalah hal lumrah. Tapi tidak demikian halnya dengan kumpulan resensi. Saya baru kali ini menemukannya. Bahkan sang penulis sendiri, Sam Edy, juga menyatakan demikian di halaman v.

Lalu, adakah manfaat buku ini bagi pembacanya? Tentu saja ada. Mari simak penjelasan berikut.

Pertama, pembaca bisa sekaligus mengetahui isi ke-35 buku yang diresensi. Maka boleh dikatakan, pembaca sangat diuntungkan (baca: dimanjakan). Betapa tidak? Ibarat membuka sebuah katalog, dengan membaca satu buku ini saja pembaca bisa mengambil inspirasi dari 36 buku. Yakni 35 buku yang diresensi dan buku ini sendiri.

Salah satunya, yang paling menarik bagi saya, adalah resensi di halaman 5. Yakni resensi  atas buku  Hello Motion Couple Goals. Resensi yang diberi judul “Berbicara Lewat Karya” tersebut membuat saya tahu sosok Wahyu Aditya, co-founders Hello Motion Academy. Dan, terinspirasi untuk rajin berkarya di bidang yang aku geluti. 

Kedua, pembaca bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang banyak hal. Bukankah  yang diresensi buku-buku dengan berbagai tema dan genre?

Ketiga, sembari menambah wawasan dan pengetahuan serta mengail inspirasi, pembaca bisa sekalian belajar meresensi buku. Bukan melalui sederetan teori, melainkan langsung mencermati contoh-contoh resensi yang telah ditulis Sam Edy. Misalnya mengenai panjang sebuah resensi dan hal-hal apa saja yang perlu dibahas dalam sebuah resensi.

Dengan demikian, buku ini cocok bagi siapa pun yang ingin belajar menulis resensi. Terkhusus resensi buku. Apalagi nama Sam Edy Yuswanto sendiri bisa menjadi semacam garansi. Bukankah tulisan-tulisan resensinya telah banyak dimuat di berbagai media massa?

SPESIFIKASI BUKU

Judul Buku: 35 Buku Paling Inspiratif Pilihan Sam Edy
Penulis      : Sam Edy Yuswanto
Penerbit    : Pasific Press, Cilacap
Terbit        : 2018
Tebal         : 158 hlm + x
ISBN         : 978-623-7012-00-9



4 komentar:

  1. sam itu klo bahasa malangan artinya Mas, hehe
    eh mbak ini bagus banget emang klo mau belajar resensi
    paling enggak kelebihan dan kelemahan buku yang diresensi bisa diulas secara seimbang
    layak dibaca bukunya

    BalasHapus
  2. Yoiii, bisa untuk langsung berpraktik, tak sekadar berteori.

    BalasHapus
  3. Aku sudah baca bukunya. Bagus resensinya, kakaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha .... makasih atas kunjuanganmuuuh dan pujianmuuuh

      Hapus

Terima kasih telah sudi meninggalkan jejak komentar di sini.