Kamis, 03 Januari 2019

[Book Review] UNFORGETTABLE INDIA

PADA tanggal 30 Desember 2018, sebuah kegembiraan hinggap padaku. Yakni kegembiraan atas dimuatnya ulasanku di KR.  Alhamdulillah. Ibarat sebuah penutup tahun yang manis bin renyah.






INDIA YANG PENUH WARNA, PENUH RASA (Sebuah Resensi)

Oleh Agustina Purwantini



"Take care. This is India.”

WAH! Ada apa dengan India? Mengapa sampai ada pesan seperti itu? Bukankah India merupakan sebuah negeri yang ceria dan gegap gempita? Yang—kalau di film-film Bollywood—kondisi apa pun dihadapi dengan nyanyian dan tarian?  Yang berarti kondisinya senantiasa menyenangkan? 

Tapi apa boleh buat? India dalam dunia nyata tidaklah sama persis dengan India dalam dunia film. India dalam dunia nyata rupanya malah lebih “sesuatu”. Menyenangkan iya, menyebalkan juga iya. Menimbulkan rindu, tapi juga bikin jera. Pokoknya seru-seru menyesakkan dada sekaligus bikin tertawa. 

Demikianlah Ayun, sang penulis buku ini, merangkum kesan terhadap India. Berdasarkan keterlibatannya secara langsung dengan negeri anak benua itu, selama sekian waktu. Iya. Buku ini memang catatan perjalanannya selama dua kali ke India. Kunjungan pertama sebab beasiswa, yang kedua sebab rindu. Yakni rindu untuk kembali menginjakkan kaki di negeri anak benua tersebut. 

Banyak orang bilang, “Pada India, kamu tidak bisa berada di antara benci dan cinta. Setelah mengunjunginya, hanya ada dua kemungkinan; kamu akan kapok, ingin membencinya, dan tak mau kembali lagi. Atau, kamu akan jatuh cinta pada negeri yang eksotik ini, ingin datang lagi, lagi, dan lagi.” (halaman 137)  

Dan, Ayun memilih untuk jatuh cinta sebab India punya banyak alasan untuk dirindukan. Di India memang terlalu banyak scam yang menghantui kaum wisatawan. Namun kabar baiknya, India pun memiliki banyak hal menakjubkan yang sungguh-sungguh mengundang decak kagum. Bisa pula memberikan banyak pengalaman dan pengetahuan. Maka rugilah kita bila ada kesempatan untuk mengunjunginya tapi malah menolak; hanya dengan alasan kapok.

Meskipun sang penulis menyatakan bahwa Unforgettable India merupakan buku yang sederhana, kenyataannya tidaklah sesederhana itu. Benar bahwa yang diceritakan hanya secuil dari India. Sekadar merupakan “dokumentasi” dari hal-hal yang menyesaki hati dan pikiran sang penulis selama kunjungannya di India. 

Namun bagi saya, Unforgettable India tetap menyampaikan “sesuatu” yang sangat bernilai. Paling tidak bisa menjadi semacam buku panduan, sebelum kita melancong ke negeri anak benua tersebut. Itulah sebabnya saya berani merekomendasikan buku ini bagi Anda yang hendak berangkat ke India. 

Terlebih selain bisa menjadi buku panduan melancong, Unforgettable India dapat memantik rasa bangga pada Indonesia.  Tengoklah salah satu pernyataan Ayun terkait hal itu di halaman 156,  “Namun yang jelas, ada rasa syukur dan bangga pada PT Kereta Api Indonesia.”  Wow! Tak ayal lagi, saya kian mantap untuk merekomendasikan buku ini bagi siapa pun. 


SPESIFIKASI BUKU 

Judul Buku: UNFORGETTABLE INDIA Curhat Perjalanan di Negeri Anak Benua
Penulis       : Ayun
Penerbit     : Laksana, Yogyakarta
Terbit         : 2018 
Tebal         : 204 hlmn
ISBN          : 978-602-407-0








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah sudi meninggalkan jejak komentar di sini.