Kamis, 23 Agustus 2018

[Book Review] Fakta atau Mitos: Lionel Messi Pemain Bola Terbaik Dunia?


BUKU berjudul panjang ini merupakan buku terjemahan. Judul aslinya Truth or Busted: The Fact or Fiction Behind Football. Yang kemudian diterjemahkan menjadi Fakta atau Mitos: Lionel Messi Pemain Bola Terbaik Dunia? 


Sampul depan yang ramai

Sampul belakang yang provokatif

Sesuai dengan judulnya, buku ini memang menuturkan banyak hal terkait mitos dan fakta dalam dunia persepakbolaan. Yeah! Sebagaimana kita mafhum, dalam dunia persepakbolaan kenyataannya ada banyak mitos dan fakta. Yang semuanya bercampur baur tak keruan. Ada mitos yang malah dianggap fakta. Dan sebaliknya, ada fakta yang justru disangka mitos. Lumayan menyesatkan toh? Hehehe .... 

Contohnya yang dipaparkan di halaman 22. Di situ dituliskan begini: Lionel Messi adalah pemain terbaik dunia? Yakin? Elhadalah! Lha kok ternyata itu cuma mitos. Sebab faktanya ada pesepakbola perempuan (yaitu Marta Vieira da Silva), yang prestasinya dinilai lebih keren daripada Messi. Dan memang, Marta dijuluki sebagai Messi di dunia sepakbola perempuan. 

Satu contoh lagi adalah yang terdapat di halaman 48. Di situ dipaparkan mengenai adanya timnas suatu negara yang diancam tembak mati oleh presidennya, jika sampai kalah bertanding melawan timnas negara tetangga. Kedengarannya lebay bin alay 'kan? Padahal, ternyata itu fakta. Sungguh-sungguh terjadi!

Secara umum buku ini menyenangkan dan lumayan menghibur. Gaya penyampaiannya bikin pembaca tersenyum-senyum simpul. Tapi di sisi lain, tetap bisa menambah pengetahuan terkait hal-hal di seputar sepakbola.



Salah satu halaman yang bikin nyengir


Namun menurutku (selaku pembaca awam), ada sedikit hal yang terasa mengganggu. Yakni ilustrasi yang terlalu meriah. Aku paham bahwa ilustrasi tersebut dimaksudkan supaya lebih eyecatching. Lebih menarik perhatian pembaca. Tapi rasanya kok malah kurang nyaman di mata. 

Selanjutnya, ada beberapa alinea yang menurutku susah dipahami. Kalimatnya terasa agak aneh. Maunya melucu, tapi malah garing gituuuuh. Kurang greget dan informasinya susah ditangkap. Aku pikir, penyebabnya adalah penerjemahan yang kurang oke. 

Demikian ulasanku terhadap buku ini. Semoga bermanfaat dan membangkitkan minat kalian untuk membaca buku ini juga. Hehehe .... 

SPESIFIKASI BUKU

Judul Buku: 
FAKTA atau MITOS Lionel Messi Pemain Bola Terbaik Dunia?

Penulis: 
Adam Sutherland

Penerjemah:
Budi Sendra Tanuwidjaja

Redesain:
Sul Nugroho

Penerbit:
BIP 

Tahun Terbit:
2014

Ukuran Buku:
15 x 21 cm

Tebal Buku:
94 hlm


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah sudi meninggalkan jejak komentar di sini.