Kamis, 02 Maret 2017

[Book Review] NAIK TURUN LABUAN BAJO

Sampul depan yang menerbitkan senyum simpul ...


BUKU berukuran seperempat folio ini merupakan buku komik. Tepatnya buku komik perjalanan. Tahu perjalanan 'kan? Itu lho, yang bahasa kekiniannya traveling atau travelling. Duh! Jadi bingung, deh. Traveling atau travelling itu bahasa Inggris atau bahasa kekinian, ya? #Saya Bertanya 

Baiklah. Mari kita kembali serius untuk mengulas buku ini. Maaf, maaf. Ada intermezzo segala. Mungkin gara-gara yang diulas buku komik, diri ini jadi tergoda untuk guyonan juga. Hehehe ... 

Yup! Tiga kata untuk buku ini: MENGHIBUR-MENGINSPIRASI-INFORMATIF. Menghibur sebab pembaca dibuat tersenyum-senyum simpul. Menginspirasi sebab pembaca menjadi tergugah gairah untuk melakukan perjalanan ke Labuan Bajo juga. Yang terakhir, informatif sebab memberikan informasi yang memadai perihal rute dan cara untuk menuju Labuan Bajo. Tentu beserta destinasi-destinasi wisata lain yang berada di sekitarnya. 

Walaupun berupa buku komik yang penuh dengan gambar lucu dan dialog jenaka, isinya serius. Informasi-informasi yang terkandung di dalam dialog jenaka tersebut dapat dipercaya akurasinya. Sahih. Jangan lupa, Naik Turun Labuan Bajo disusun berdasarkan kisah nyata. Sengaja dibuat untuk mendokumentasikan perjalanan wisata sang penulis (komikus). Jadi, buku komik ini dapat menjadi panduan bagi siapa pun yang ingin berwisata ke Labuan Bajo dan sekitarnya. 

Namun selain menjadi panduan travelling, Naik Turun Labuan Bajo juga bisa menambah wawasan pengetahuan pembaca. Contohnya dapat dilihat di halaman 49. Di halaman tersebut digambarkan detil struktur Mbaru Niang. Yakni rumah kerucut di Waerebo yang terdiri atas 6 tingkatan; sementara masing-masing tingkatan punya nama dan fungsi tersendiri. Silakan cermati foto di bawah ini. 
 


Terbukti 'kan bahwa Naik Turun Labuan Bajo memang informatif? Tak sekadar lucu dan menghibur, tapi juga bermanfaat dan bisa menjadi tutorial bagi para (calon) traveller. Terkhusus traveller yang tujuan perjalanannya ke Labuan Bajo dan sekitarnya.  

SPESIFIKASI BUKU
Judul      : Naik Turun Labuan Bajo dari Hiking sampai Snorkeling
Penulis   : Ima Tri Kurniawati
Ilustrasi  : Ima Tri Kurniawati
Penerbit : Elex Media Komputindo
Terbit     : 2016
Halaman: 117 + viii
ISBN      : 9786020289441

  

6 komentar:

  1. Aih bikin penasaran ini buku
    Apalagi dala, bentuk komik dan cerita lucu
    Komplet ya

    BalasHapus
  2. Aku jadi pengen segera traveling atau travelling ke labuan bajo ni Mbak😄

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah bu, aku hunting bukunya setelah melihat review dari bu Agustina, siapa tahu bisa jadi referensi ketika tulis hehe, kemarin juga ke Labuan Bajo ada banyak hal yang diluar kebiasaan kita, kita akan menjadi semakin bersyukur memiliki kekayaan budaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyeeek... Aku tunggu tulisanmu tentang Labuan Bajo

      Hapus

Terima kasih telah sudi meninggalkan jejak komentar di sini.